Selasa, 03 Desember 2013

Telaga Sarangan - Tempat Wisata Favorit Kabupaten Magetan

Telaga alami ini merupakan salah satu tempat wisata favorit untuk keluarga yang terletak di kaki Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan,  Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Jaraknya kurang lebih 16 kilometer dari kota Magetan ke arah barat. Telaga sarangan berada di ketinggian 1287 Mdpl dengan suhu rata-rata 18-25 Celcius
Tempat wisata Telaga Sarangan dapat diakses melalui melaui dua jalur. Jalur pertama dapat ditempuh melaui kota Solo, kemudian ke arah Kabupaten Karanganyar, Terus naik ke atas melintasi perbatasan propinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur (gunung Lawu) dan masuk ke Kabupaten Magetan. Jarak dari kota solo kurang lebih 60 km dapat ditempuh selama 2-3 jam perjalanan. Perlu diketahui bahwa jalur Solo-Karanganyar-Magetan didominasi tanjakan dan tikungan. Jadi kendaraan anda harus dalam kondisi prima dan pengemudi harus memiliki  kewaspadaan dan keterampilan yang mumpuni  dalam mengemudikan kendaraan demi keselamatan anda.
Untuk jalur yang ke dua dapat di akses melalui Kota Madiun, kemudian ke arah Kabupaten Magetan, kemudian ke arah barat kota magetan menuju tempat wisata Telaga Sarangan. Jarak dari Kota Madiun kurang lebih 40km dapat ditempuh dengan perjalanan selama 2 jam (melalui Maospati). Karakteristik jalan menanjak dan berliku akan dijumpai ketika anda memasuki Kota Magetan ke arah telaga sarangan.
Sebagai salah satu tempat wisata unggulan di Kabupaten Magetan, Telaga Sarangan banyak menyediakan fasilitas sarana rekreasi untuk memanjakan para pengunjung yang di sana. Anda dapat memanjakan indera penglihatan anda dengan menikmati keindahan pemandangan alam yang ditawarkan Telaga Sarangan. Hembusan angin yang sepoi-sepoi dan ditambah dengan hawa udara yang sejuk menambah nikmat untuk kita betah untuk berlama-lama menikmatinya.
 Jika anda suka dengan kegiatan memacu adrenalin, anda dapat menyewa speed boat yang di ada si sekitar telaga sarangan. Atau jika ingin bersantai-santai di atas air anda dapat menyewa becak air yang bentunya menyerupai angsa.
Wisatawan juga bisa menggunakan alternatif lain untuk mengelilingi area Telaga Sarangan yaitu dengan menggunakan jasa kuda keliling. Tidak sedikit jasa kuda keliling yang ada, ada sekitar 90 jasa kuda keliling yang bisa kita pakai. Atau wisatawan yang suka olahraga, juga bisa berjalanan kaki atau jogging mengililingi Telaga Sarangan.
Setelah puas berkeliling dan menikmati pemandangan telaga sarangan kini saatnya untuk menikmati hidangan kuliner khas Telaga Sarangan yaitu sate kelinci dengan lontong. Banyak penjaja sate kelinci di sekitar telaga sehingga anda dapat dengan mudah menemukannya. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau. 
Setelah anda puas menikmati semua wisata yang ada di telaga sarangan sebelum kembali anda dapat berbelanja cindera mata sebagai kenangan dan juga oleh-oleh bagi sodara-sodara anda. Banyak pilihan souvenir yang ditawarkan oleh para pedagang di kios kaki lima. Anda dapat membeli tas, kaos, kerajinan tangan atau bentuk-bentuk souvenir yang lainnya. Terdapat juga pasar buah dan sayur segar yang baru dipetik dari lereng gunung lawu yang merupakan hasil pertanian warga sekitar.
Jika anda ingin menyaksikan acara budaya, di Telaga Sarangan beberapa kalender event penting tahunan, yaitu labuh sesaji pada Jumat Pon bulan Ruwah, liburan sekolah di pertengahan tahun, Ledug Sura 1 Muharram, dan pesta kembang api di malam pergantian tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar